Rabu, 29 Desember 2010

Membuat pigura dari kertas kardus dan korek api

Hari ini Syamil dan Ninis  membuat prakarya berupa pigura dari kertas kardus dan korek api. Idenya muncul ketika saya ingat masa SD dulu pernah membuatnya juga. Sebelum HS saya dan anak-anak sudah sering 'bikin-bikin' apa aja dari perhiasan dari manik-manik, origami,  tempat pensil dari stik eskrim, kain flanel dsb.  Biasanya ide-ide kreatif muncul karena inspirasi dari majalah, internet atau waktu liat-liat barang di pasar atau mall dan saya berpikir kalau saya juga bisa bikin barang itu sendiri.

Setelah Ninis belajar IPA dan Syamil belajar Matematika, untuk membuatnya kembali bersemangat maka saya mengajaknya membuat pigura dari kardus dan korek api. caranya mudah banget, bahannya cuma kertas kardus bekas, korek api, lem fox, cutter dan kertas warna (disini saya pakai kertas origami).

Mula-mula kardus dipotong sesuai ukuran foto yang akan digunakan, diberi space kira-kira lebarnya 5 cm untuk ruang menyusun korek apinya.bagian yang akan ditempel foto diberi garis batas supaya bisa mengatur penyusunan korek apinya. Bentuk penyusunan bervariasi tergantung kreativitas masing-masing. karena masih anak-anak maka pembuatannya disederhanakan supaya mudah diikuti.

Pembuatan prakarya ini juga selain  melatih kreativitas juga melatih kemampuan berhitung anak, karena anak disuruh menyusun korek api sesuai pola dan urutan jumlah korek api yang diinginkan, misalnya 5-5 atau 3-3 dengan pola yang dibolak-balik. Penambahan kertas warna-warni sendiri adalah idenya Ninis, katanya supaya seru dan cantik.Setelah selesai hasilnya kemudian ditempel di pintu lockernya masing-masing.



3 komentar: